Rabu, 12 Juni 2013

Manfaat Komposisi Nugget Vegetarian ( Ubi, Singkong, Tahu, Kentang )

Setelah sebelumnya saya memberikan manfaat tentang manfaat jenis-jenis sayuran. Sekarang saya coba menjabarkan info tentang manfaat kentang, ubi ungu, singkong dan wortel yang merupakan komposisi dari Nugget Vegetarian dari Azka Healthy Nugget.
Yuk disimak...!!

1. Ubi Ungu
Ubi jalar ungu biasanya dipandang sebagai makanan yang kampungan atau ndeso. Walaupun makanan ndeso dan kampungan banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari ubi ini, bahkan sangat jauh dari makanan modern sekarang ini ( fast food).
Ubi jalar ungu mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20%. Dia juga merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ditambah dengan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).
Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan pigmen warna ungu ( antosianin ) bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.
info didapat dari sini
2.  Singkong ternyata memiliki manfaat beragam untuk kesehatan kita. Silakan Anda simak manfaatnya di bawah ini:
1.  Singkong baik untuk diet rendah kalori Anda.     
     Mengapa begitu? Ini karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat    yang lebih rendah dari nasi dan roti, dengan kandungan serat yang tinggi sehingga membuat perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang lama. 


2. Singkong baik untuk kesehatan pencernaan Anda
   
    Singkong merupakan umbi yang banyak sekali mengandung Insoluble Fiber atau Serat yang Tidak Larut dalam Air. Serat jenis ini berfungsi memperlancar proses buang air besar, serta mampu nyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan Anda menjadi sehat.

 
3. Manfaat Singkong menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar tanaman obat

    Menurut beliau, efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi.
Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.
Selain sebagai makanan, tanaman singkong memiliki berbagai khasiat sebagai obat. Di antaranya obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, dan bisa meningkatkan stamina.

sumber : dari sini


2. Kandungan Kentang

Dalam 100 gr  kentang terdapat :
  • Bagian Kentang yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 85 %
  • Jumlah Kandungan Energi Kentang = 83 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Kentang = 2 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Kentang = 0,1 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Kentang = 19,1 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Kentang = 11 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Kentang = 56 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Kentang = 1 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Kentang = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kentang = 0,11 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Kentang = 17 mg
Manfaat Kentang
Kentang mengandung serat yang cukup tinggi, sejajar dengan roti gandum, sereal, dan pasta. Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut, kentang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Kentang juga sering dilibatkan banyak orang untuk membantu program diet mereka.
1.   Kentang mempunyai banyak khasiat. Di antaranya potassium, vitamin C (sumber kedua selepas oren), membekalkan karbohidrat kompleks dan fiber atau gentian kepada gula darah (blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.
2.    Kandungan potasium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehinga dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah.
3.    Kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Menjamin system ketahanan badan, karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi.
sumber  dari 
sini

4. Tahu
 Tahu merupakan makanan yang dapat dimakan semua masyarakat. Dengan rasa yang enak dan gampang diolah dalam masakan. Selain kaya dengan protein, ternyata manfaat tahu untuk tubuh cukup beragam dan berikut khasiat tahu untuk kesehatan.
1.    Mencegah Anemia
Tahu memiliki kandungan zat besi, tembaga dan mangan. Zat besi dapat meningkatkan hemoglobin yang dapat menurunkan resiko kekurangan darah apalagi untuk wanita. Tembaga dan mangan juga dapat untuk menjaga tubuh dari ancaman radang sendi.
2.    Menjaga Kesehatan Jantung
Asam lemak omega 3 sangat baik untuk jantung dan menghambat pembekuan darah. Sehingga  pembuluh darah tidak akan mengalami masalah karena kolesterol jahat. Dalam kandungan tahu terdapat HDL atau kolesterol baik untuk kesehatan jantung.
3.    Menguatkan Tulang
Tahu dapat menghambat osteoporosis karena mempunyai kandungan kalsium. Pentingnya akan zat ini sangat diperlukan rutin untuk menjaga tetap menguatkan dan menjaga kesehatan tulang. Juga mencegah seseorang dari radang sendiri.
4.    Melawan Radikal Bebas
Isoflavone dan selenium dapat mencegah efek dari radikal bebas. Selenium dapat digunakan untuk iodin yang dapat meningkatkan DNA dan mencegah pertumbuhan kanker.
5.    Mencegah Kanker Payudara
Zat isoflavone sangat berguna dalam menambah manfaat tahu untuk tubuh, kandungan zat ini dapat menghambat terjadinya gangguan menopause dalam tubuh. Seperti hot flashes atau perasaan tidak enak dengan wajah dan kulit yang merah dan berkeringat berlebih selama 30 detik hingga 5 menit.
Isoflavon dalam khasiat tahu untuk kesehatan dapat mencegah pertumbuhan kanker payudara dan kanker prostat. Dengan beragam kegunaan dan manfaat yang ada dalam tahu, Anda dan semua masyarakat tidak perlu takut dalam menjadikannya sebagai makanan sehat, namun tetap dengan aturan dan ukuran yang pas.



foto dari sini

Yang Vegetarian tidak perlu khawatir, ternyata nilai gizi tidak hanya bisa didapat dari daging-dagingan. Setelah tahu manfaat dari semua komposisi tadi, tidak ragu lagi kan untuk order Nugget Vegetarian dari Azka Healthy Nugget.
CP Azka Healthy Nugget : 085726313436

Tidak ada komentar:

Posting Komentar